Breaking News
Home / Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi
Unggul dalam Pengembangan Ilmu Ekonomi Moneter, Ekonomi Regional, Ekonomi Sumberdaya Manusia (ESDM) dan Bidang Agribisnis yang Berwawasan Lingkungan serta Menghasilkan Lulusan yang Profesional.

 

Misi

  1. menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang mandiri dan inovatif dalam bidang ilmu ekonomi yang berwawasan lingkungan guna menghasilkan lulusan yang bermoral dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap akademik dan profesional serta mempunyai keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan yang memadai, kemampauan memecahkan masalah dan beradaptasi dengan lingkungan;
  2. mengembangkan ilmu ekonomi sesuai dengan kebutuhan pembangunan ekonomi regional maupun internasional, melalui pengembangan kajian ilmiah mengenai Ekonomi Agribisnis, Ekonomi Regional, Ekonomi Sumberdaya Manusia (ESDM) dan Ekonomi Moneter yang berwawasan lingkungan;
  3. membangun sinergi dengan kalangan birokrasi, praktisi dan pelaksana pengambil kebijaksanaan melalui diskusi yang terstruktur, sistimatis, konsisten dan integratif dengan menggunakan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah empiris yang terjadi di masyarakat menyangkut bidang yang terkait dengan program studi;
  4. mempublikasikan hasil kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat melalui kaji tindak dan penerapan ilmu ekonomi, terutama dalam mengembangkan ekonomi Agribisnis, Ekonomi Regional, Ekonomi Sumberdaya Manusia (ESDM) dan Ekonomi Moneter yang berwawasan lingkungan secara berkelanjutan.

 

Tujuan

Berdasarkan misi yang telah ditetapkan, tujuan Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Jember adalah:

  1. menghasilkan lulusan yang mengkhususkan diri dalam analisis ekonomi, perencanaan dan administrasi pembangunan serta mampu melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya, sehingga dapat memberikan sumbangan kepada masyarakat;
  2. menghasilkan lulusan yang mengkhususkan diri dalam analisis dan kebijakan yang berkaitan dengan agroindustri ditinjau dari segi ilmu ekonomi;
  3. menghasilkan lulusan yang mengkhususkan diri dalam analisis dan kebijakan yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan regional;
  4. menghasilkan lulusan yang mengkhususkan diri dalam analisis dan kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi sumberdaya manusia dan ketenagakerjaan;
  5. menghasilkan lulusan yang mengkhususkan diri dalam analisis dan kebijakan yang berkaitan dengan aspek moneter.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. meningkatnya kualitas lulusan yang relevan terhadap kebutuhan dan tuntutan stake holders serta perkembangan ilmu ekonomi;
  2. meningkatnya kemandirian, kepemimpinan (leadership) dan kemampuan adaptasi lulusan dengan lingkungan;
  3. meningkatnya efisiensi, efektivitas dan produktivitas proses pembelajaran dan pengelolaan pendidikan;
  4. meningkatnya efisiensi, efektivitas dan produktivitas proses penelitian dan kemampuan desiminasi;
  5. meningkatnya efisiensi, efektivitas dan produktivitas proses pengabdian kepada masyarakat yang diukur dengan kemanfaatannya;
  6. meningkatnya atmosfir suasana akademik;
  7. meningkatnya kualitas tenaga kependidikan;
  8. meningkatnya kuantitas dan kualitas kerjasama lintas institusi yang berkelanjutan;
  9. terwujudnya Revenue Generating Unit dan Revenue Generating Activities.

Adapun strategi pengembangan Program Studi Ekonomi Pembangunan dirumuskan sebagai berikut:

  1. peningkatan kualitas sumberdaya manusia di bidang pendidikan sesuai dengan konsentrasi yang semakin relevan terhadap kebutuhan stake holders;
  2. peningkatan proses pembelajaran yang mengutamakan nilai-nilai moralitas yang mengutamakan kemandirian, kepemimpinan (leadership) dan kemampuan adaptasi lulusan terhadap lingkungan;
  3. membangun pemahaman budaya mutu pada seluruh komponen yang terlibat dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan visi, misi dan tujuan program studi sehingga kesadaran akan pentingnya pemantauan dan evaluasi diri akan terwujud;
  4. peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana, pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran yang mendukung atmosfir akademik;
  5. pengembangan dan penataan jaringan kerjasama yang berorentasi pada pengembangan ilmu dan pelayanan pendidikan dengan lembaga-lembaga publik baik di regional maupun nasional secara profesional.